A. Pengertian Komputer
Kata komputer berasal dari bahasa Latin yaitu
Computare yang artinya menghitung. Dalam bahasa Inggris disebut to compute.
Secara definisi komputer diterjemahkan sebagai sekumpulan alat elektronik yang
saling bekerja sama, dapat menerima data (input), mengolah data (proses) dan
memberikan
informasi (output) serta terkoordinasi dibawah kontrol program yang tersimpan di memorinya. Jadi cara kerja komputer dapat kita gambarkan sebagai berikut
informasi (output) serta terkoordinasi dibawah kontrol program yang tersimpan di memorinya. Jadi cara kerja komputer dapat kita gambarkan sebagai berikut
1. Input Device, adalah
perangkat-perangkat keras komputer yang berfungsi untuk memasukkan data ke
dalam memori komputer, seperti keyboard, mouse, joystick dan lain-lain.
2. Prosesor, adalah perangkat utama
komputer yang mengelola seluruh aktifitas komputer itu sendiri. Prosesor terdiri dari dua bagian utama,
yaitu ;
·
Control Unit (CU), merupakan komponen utama prosesor yang mengontrol semua perangkat yang
terpasang pada komputer, mulai dari input device sampai output device.
·
Arithmetic Logic Unit (ALU), merupakan bagian dari prosesor yang khusus mengolah
data aritmatika (menambah, mengurang dll) serta data logika (perbandingan).
3. Memori adalah
media penyimpan data pada komputer.
Memori terbagi atas dua macam, yaitu ;
·
Read Only Memory (ROM), yaitu memori yang hanya bisa dibaca saja, tidak dapat dirubah dan dihapus
dan sudah diisi oleh pabrik pembuat komputer. Isi ROM diperlukan pada saat
komputer dihidupkan. Perintah yang ada pada ROM sebagian akan dipindahkan ke
RAM. Perintah yang ada di ROM antara lain adalah perintah untuk membaca sistem
operasi dari disk, perintah untuk mencek semua peralatan yang ada di
unit sistem dan perintah untuk menampilkan pesan di layar. Isi ROM tidak akan
hilang meskipun tidak ada aliran listrik. Tapi pada saat sekarang ini ROM telah
mengalami perkembangan dan banyak macamnya, diantaranya :
· PROM (Programable ROM), yaitu ROM yang bisa kita program kembali dengan catatan hanya boleh satu
kali perubahan setelah itu tidak dapat lagi diprogram.
· RPROM (Re-Programable ROM), merupakan perkembangan dari versi PROM dimana kita dapat melakukan
perubahan berulangkali sesuai dengan yang diinginkan.
· EPROM (Erasable Program ROM), merupakan ROM yangdapat kita hapus dan
program kembali, tapi cara penghapusannya dengan menggunakan sinar ultraviolet.
· EEPROM
(Electrically Erasable Program ROM), perkembangan mutakhir dari ROM
dimana kita dapat mengubahdan menghapus program ROM dengan menggunakan
teknikelektrik. EEPROM ini merupakan jenis yang paling banyak digunakan saat
ini.
·
Random Access Memori (RAM), dari
namanya kita dapat artikan bahwa RAM adalah memori yang dapat diakses secara
random. RAM berfungsi untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara
waktu (power on) jika komputer kita matikan, maka seluruh data yang tersimpan
dalam RAM akan hilang. Tujuan dari
RAM ini adalah mempercepat pemroses data pada komputer. Agar data yang kita
buat tidak dapat hilang pada saat komputer dimatikan, maka diperlukan media
penyimpanan eksternal, seperti Disket, Harddisk, flash disk, PCMCIA card dan
lain-lain.
4. Output Device,
adalah perangkat komputer yang berguna untuk menghasilkan keluaran, apakah itu
ke kertas (hardcopy), ke layar monitor (softcopy) atau keluaran berupa suara.
Contohnya printer, speaker, plotter, monitor dan banyak yang lainnya. Dari
penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa prinsip kerja komputer tersebut
diawali memasukkan data dari perangkat input, lalu data tersebut diolah
sedemikian rupa oleh CPU sesuai yang kita inginkan dan data yang telah diolah
tadi disimpan dalam memori komputer atau disk. Data yang disimpan dapat
kita lihat hasilnya melalui perangkat keluaran.
B. Komponen-Komponen
Komputer
Komputer terdiri dari tiga komponen utama yang tidak dapat dipisahkan,
yaitu ;
1. Hardware (perangkat keras), Merupakan peralatan fisik dari komputer yang dapat kita lihat dan rasakan.
Hardware ini terdiri dari ;
·
Input/Output Device (I/O Device) Terdiri dari perangkat masukan dan keluaran,
seperti keyboard dan printer.
·
Storage Device (perangkat penyimpanan) Merupakan
media untuk menyimpan data seperti disket, harddisk, CD-I, flash disk dll.
·
Monitor /Screen Monitor merupakan
sarana untuk menampilkan apa yang kita ketikkan pada papan keyboard setelah
diolah oleh prosesor. Monitor disebut juga dengan Visual Display Unit (VDU).
·
Casing Unit adalah tempat dari
semua peralatan komputer, baik itu motherboard, card, peripheral lain dan
Central Procesing Unit (CPU).Casing unit ini disebut juga dengan System Unit.
·
Central Procesing Unit (CPU) adalah
salah satu bagian komputer yang paling penting, karena jenis prosesor
menentukan pula jenis komputer. Baik tidaknya suatu komputer, jenis komputer,
harga komputer, ditentukan terutama oleh jenis prosesornya.Semakin canggih
prosesor komputer, maka kemampuannya akan semakin baik dan biasanya harganya
akan semakin mahal.
2. Software (perangkat lunak), merupakan
program-program komputer yang berguna untuk menjalankan suatu pekerjaan sesuai
dengan yang dikehendaki. Program tersebut ditulis dengan bahasa khusus yang
dimengerti oleh komputer. Software terdiri dari beberapa jenis, yaitu ;
·
Sistem Operasi, seperti DOS,
Unix, Linux, Novell, OS/2, Windows, Adalah software yang berfungsi untuk
mengaktifkan seluruh perangkat yang terpasang pada komputer sehingga
masing-masingnya dapat saling berkomunikasi. Tanpa ada sistem operasi maka komputer tak dapat difungsikan sama sekali.
·
Program Utility,
seperti Norton Utility, Scandisk, PC Tools, dll.Program utility berfungsi untuk
membantu atau mengisikekurangan/kelemahan dari system operasi, misalnya PC
Tools dapat melakukan perintah format sebagaimana DOS, tapi PC Tools mampu
memberikan keterang dan animasi yang bagus dalam proses pemformatan. File yang
telah dihapus oleh DOS tidak dapat dikembalikan lagi tapi dengan program bantu
hal ini dapat dilakukan.
·
Program Aplikasi, seperti GL,
MYOB, Payroll dll. Merupakan program yang khusus melakukan suatu pekerjaan
tertentu, seperti program gaji pada suatu perusahaan. Maka program ini hanya
digunakan oleh bagian keuangan saja tidak dapat digunakan oleh departemen yang
lain. Biasanya program aplikasi ini dibuat oleh seorang programmer komputer
sesuai dengan permintaan / kebutuhan seseorang / lembaga/ perusahaan guna
keperluan interennya.
·
Program Paket, seperti
Microsofr office, Adobe fotoshop, macromedia studio, open office dll Adalah
program yang disusun sedemikian rupa sehingga dapat digunakan oleh banyak orang
dengan berbagai kepentingan. Seperti MS-office, dapat digunakan oleh departemen
keuangan untuk membuat nota, atau bagian administrasi untuk membuat surat penawaran dan lain
sebagainya.
·
Bahasa Pemrograman, PHP, ASP,
dBase, Visual Basic, dll.Merupakan software yang khusus digunakan untuk membuat
program komputer, apakah itu sistem operasi, program paket dll. Bahasa
pemrograman ini biasanya dibagi atas 3
tingkatan, yaitu ;
o Low Level
Language, bahasa pemrograman generasi pertama,bahasa pemrograman jenis
ini sangat sulit dimengerti karena instruksinya menggunakan bahasa mesin.
Biasanya yang mengerti hanyalah pembuatnya saja.
o Midle Level
Language, merupakan bahasa pemrograman tingkat menengah dimana
penggunaan instruksi sudah mendekati bahasa sehari-hari, walaupun begitu masih
sulit untuk di mengerti karena banyak menggunakan singkatansingakatan seperti
STO artinya simpan (singkatan dari STORE) dan MOV artinya pindah (singkatan
dari MOVE).Yang tergolong kedalam bahasa ini adalah Assembler, ForTran (Formula
Translator).
o High Level
Language, merupakan bahasa tingkat tinggi yang mempunyai cirri mudah
dimengerti, karena menggunakan bahasa sehari-hari, seperti BASIC, dBase, Visual
Basic, VB.Net dll.
3. Brainware (User),
User adalah personel-personel yang
terlibat langsung dalam pemakaian komputer,seperti Sistem analis, programmer,
operator, user, dll. Pada organisasi yang cukup besar, masalah komputerisasi
biasanya ditangani oleh bagian khusus yang dikenal dengan bagian EDP (Electronic
Data Processing), atau sering disebut dengan EDP Departemen, yang dikepalai
oleh seorang Manager EDP.
C. KEYBOARD
Keyboard adalah sebuah alat berbentuk papan yang terdiri dari beberapa tombol huruf. Keyboard merupakan peralatan magnetic yang digunakan untuk menginput teks dan juga untuk mengontrol pengoperasian computer.
Tombol-tombol yang ada berbentuk kotak yang disusun padanya. Tombol-tombol tersebut mempunyai huruf atau simbol yang tercetak di atasnya yang menunjukkan huruf atau simbol yang akan ditampilkannya di monitor bila ditekan.
Selain itu bila kita menggabungkan dua tombol dengan menekannya bersamaan, kita kadang akan mendapatkan fungsi atau input khusus.Ada berbagai jenis tata letak tombol-tombol pada keyboard, namun yang paling populer digunakan adalah tata letak QWERTY, yang sebenarnya merupakan tata letak mesin ketik yang paling populer.
Keyboard adalah sebuah alat berbentuk papan yang terdiri dari beberapa tombol huruf. Keyboard merupakan peralatan magnetic yang digunakan untuk menginput teks dan juga untuk mengontrol pengoperasian computer.
Tombol-tombol yang ada berbentuk kotak yang disusun padanya. Tombol-tombol tersebut mempunyai huruf atau simbol yang tercetak di atasnya yang menunjukkan huruf atau simbol yang akan ditampilkannya di monitor bila ditekan.
Selain itu bila kita menggabungkan dua tombol dengan menekannya bersamaan, kita kadang akan mendapatkan fungsi atau input khusus.Ada berbagai jenis tata letak tombol-tombol pada keyboard, namun yang paling populer digunakan adalah tata letak QWERTY, yang sebenarnya merupakan tata letak mesin ketik yang paling populer.
Pada mikrokomputer, keyboard
adalah alat input utama. Keyboard adalah alat input yang berfungsi mengubah
huruf, angka dan karakter menjadi sinyal yang bisa dibaca oleh prosesor.
Keyboard terlihat seperti mesin ketik biasa, tetapin disamping memiliki tombol
huruf dan angka, terdapat pula tombol lain (semisal rangkaian tombol F, CTRL,
ALT, dan DEL )
yang dipakai untuk menjalankan fungsi-fungsi tertentu. Setelah semua komponen
lain terpasang, keyboard bisa dipasang dengan cukup mencolokkannya kebagian
belakan komputer sesuai dengan socketnya. (cara kerja keyboard tersebut berbeda
dengan keyboard tanpa kabel atau crdless keyboard).
Keyboard terdiri 101 tombol untuk tipe standarnya. Untuk windows keyboard, tombol yang ada sebanyak 104-tombol. Pada tahun 1990-an, di Amerika diciptakan sebuah keyboard yang mempunyai kemampuan untuk mempermudah pengguna untuk terkoneksi dengan internet dengan hanya menekan 1 tombol. Keyboard tersebut dikenal dengan sebutan “ internet keyboard”.
Dalam koneksinya, keyboard mempunyaibeberapa perbedaan dalam koneksinya.
Beberapa alat telah mengadopsi aplikasi keyboard. Beberapa diantaranya yaitu cell phone. Yang paling menyerupai keyboard ada pada PDA, nokia communicator 9900, sony ericson P900 dan beberapa jenis diantaranya. Selain itu, adapula beberapa mesin ATM yang mengadopsi atau menggunakan keyboard.
Adapun cara kerja dari keyboad tersebut antara lain sebagai berikut: 1.Ketika tombol ditekan, tombol tersebut akan menekan sebuah karet yanga da dibawah tombol tersebut. 2.Karet tersebut terhubung dengan sebuah chip yang mana akan mentransmisikan sinyal yang didapat ketika tombol ditekan. 3.Sinyal yang ditransmisikan berbentuk kode-kode biner. 4.Data yang berbentuk biner tersebut akan digenerate oleh chip komputer. 5.Setelah digenerate akan ditampilkan kembali menjadi tampilan asli berbentuk huruf pada layar monitor.
keyboard tentunya mempunyai beberapa peran atau fungsi dalam penggunaannya. Beberapa kegunaan atau fungsi dari keyboard adalah untuk memasukkan perintah dan juga digunakan dalam permainan.
Tentulah sudah jelas bahwa fungsi yang utama dari keyboard adalah untuk mengetik perintah pada komputer. Dengan bantuan keyboard-lah kita akan dapat memasukkan data atau perintah ke dalam komputer untuk dilakukan proses komputasi. Dengan menekan beberapa tombol sekaligus, kita dapat memunculkan aplikasi lain dalam komputer seperti contoh Ctrl+Alt+
Keyboard Ini adalah senjata
utama kamu untuk mengeluarkan skill dan juga gerak di Runes of Magic. Gerakan
bisa dilakukan dengan tombol WASD, dan sebagai default settings, skill dapat
dikeluarkan dengan menekan angka 1-0 pada keyboard. Setting ini dapat diubah
sesuai keinginan anda melalui fitur “Keybinding” baca
selengkapnya disini. Satu hal lagi yang penting adalah tombol [TAB]
dimana tombol ini akan memilih target musuh terdekat.
![]() |
Pada dasarnya, penunjuk (pointer) yang dikenal dengan sebutan "Mouse" dapat digerakkan kemana saja berdasarkan arah gerakan bola kecil yang terdapat dalam mouse. Jika kita membuka dan mengeluarkan bola kecil yang terdapat di belakang mouse, maka akan terlihat 2 pengendali gerak di dalamnya. Kedua pengendali gerak tersebut dapat bergerak bebas dan mengendalikan pergerakan penunjuk, yang satu searah horisontal (mendatar) dan satu lagi vertikal (atas dan bawah).
Jika kita hanya menggerakkan pengendali horisontal maka penunjuk hanya akan bergerak secara horisontal saja pada layar monitor komputer. Dan sebaliknya jika penunjuk vertikal yang digerakkan, maka penunjuk (pointer) hanya bergerak secara vertikal saja dilayar monitor. Jika keduanya kita gerakkan maka gerakan penunjuk (pointer) akan menjadi diagonal. Nah, jika bola kecil dimasukkan kembali, maka bola itu akan menyentuh dan menggerakkan kedua pengendali gerak tersebut sesuai dengan arah mouse yang kita gerakkan.
Pada sebagian besar mouse terdapat tiga tombol, tetapi umumnya hanya dua tombol yang berfungsi, yaitu tombol paling kiri dan yang paling kanan. Pengaruh dari penekanan tombol atau yang di kenal dengan istilah “Click” ini tergantung pada obyek (daerah) yang kita tunjuk. Komputer akan mengabaikan penekanan tombol (click) bila tidak mengenai area atau obyek yang tidak penting.
Kemudian dalam penggunaan mouse juga kita kenal istilah "Drag" yang artinya menggeser atau menarik. Apabila kita menekan tombol paling kiri tanpa melepaskannya dan sambil menggesernya, salah satu akibatnya obyek tersebut berpindah atau menjadi pindah (tersalin) ke obyek lain dan terdapat kemungkinan lainnya. Kemungkinan-kemungkinan ini tergantung pada jenis program aplikasi apa yang kita jalankan. Mouse terhubung dengan komputer dengan sebuah kabel yang terdapat pada mouse. Ujung kabel tersebut dimasukkan dalam port yang terdapat di CPU komputer.
Mouse adalah alat input selain
keyboard yang disebut juga sebagai alat penunjuk yang digunakan untuk
memanipulasi objek yang tampil pada layar komputer. Kabel mouse dicolokkan
kebagian belakang komputer atau disebelah keyboard setelah semua komponen lain
selesai dipasang.
Bila keyboard adalah senjata,
Mouse adalah gagang senjata itu. Banyak juga yang bisa dilakukan dengan mouse
kamu. Gerakan karakter bisa dilakukan melalui klik mouse, skill pun bisa
digunakan hanya dengan menekan icon skill tersebut. Yang paling penting dari
mouse adalah keleluasaan mengatur kamera, ini dapat dilakukan dengan menekan
klik-kanan pada mouse dan digerakkan sesuai keinginanmu. Selebihnya, gunakanlah
mouse anda seperti pada game lainnya, yaitu, men-target musuh yang kamu hendak
serang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar